RSS

Landscape Photography is my soulmate...

Hahaha pasti pada mikir kan kenapa gw sebut judul diatas...landscape itu memang soulmate gw...kadang saat lagi fokus ambil foto apaaaaaaa.. gitu tetap saja begitu mata gw menangkap roman pemandangan yang terhampar langsung tiba" aja reflex kamera berubah posisi arah jepret xixixixi...landscape selalu bisa merebut hati ^_^

Landscape Photography  tercipta karena bentuk penghargaan terhadap alam dan ingin membuatnya tampak abadi, ini gaya populer fotografi yang dipraktekkan oleh para profesional dan amatir gaya ini menunjukkan ruang yang berbeda dalam dunia, kadang-kadang luas dan tak berujung, tapi kali lain mikroskopis. Jenis ini biasanya menangkap keberadaan alam dan sering bebas dari penghalang buatan manusia. 

Seperti pada kebanyakan bentuk seni, definisi dari fotografi Landscape sangat luas, termasuk juga area industri, urban setting, fotografi alam, air terjun, garis tepi pantai, laut, gunung adalah yang paling popular pada jenis classic landscape photography. Fotografer yang terkenal pada gaya ini  Ansel Adams, Galen Rowell dan Edward Weston

Yang tergolong didalam aliran ini termasuk Nature Photography, Aerial Photography, dan Underwater Photography. Nature Photography atau yang dikenal dengan fotografi alam atau pemotretan di luar ruangan. Landscape mencakup daerah yang tampak yaitu daratan, termasuk didalamnya gunung, sungai, bukit, dan laut, elemen hidup seperti land cover termasuk vegetation, elemen manusia termasuk bentuk yang berbeda dari pemanfaatan land use, bangunan dan struktur, dapat juga melintas elemen seperti pencahayaan dan kondisi cuaca.

Tips memotret Landscape foto landscape yg mantap, yaitu pilih bukaan kecil, ISO rendah, cari timing yg tepat (pagi/sore), jaga horizon stabil tidak miring dan (jika ada rejeki) gunakan tripod. Pay attention to komposisi dan framing serta hindari pencahayaan dan kontras yang terlalu hingga tidak ada area yg over. Untuk hasil lebih maksimal bisa gunakan filter ND, grad ND dan CPL. Landscape tidak selalu harus pakai lensa wideangle.

Untuk lebih top markotop bisa di cek disini  dan tekniknya dengan menggunakan live view disini , karena ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari Landscape Photography, terutama untuk kita-kita yang pemula.

Berikut ini adalah beberapa hasil jepretan gw yang 'menurut' gw masuk dalam kategori yang diterangkan diatas. ^_^



Di Desa Kima Bajo tahun 2006

 
Dago pakar, Maghrib-Bandung 2013
Tangkuban Perahu
Langit kota Bekasi
Kota Seberang Jambi


Berjuang untuk hidup @Kota Seberang jambi
Safari zoo
Near Boscha bandung
Safari Zoo
Tangkuban Perahu
Lembang

Semoga benar persepsi saya mengenai Landscape..met hunting kawan" ^_^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar