RSS

Silhouette Photography

Disebut juga teknik siluet (silhoutte) yaitu menempatkan sumber cahaya tepat dibalik objek, dibutuhkan ketepatan mengatur kecepatan dan diafragma agar terlihat jelas kontur dan ketajaman objek, yang tujuan sebenarnya untuk menghilangkan detail dan tekstur dan objek menjadi bentuk yang sederhana dengan latar belakang cerah.

Kunci dari siluet adalah metering dan exposure, tahapannya adalah menempatkan objek tepat pada sumber cahaya, metering (atur exposure) ke background bukan ke objek utama hal ini menghasilkan warna yang normal pada background namun tampak tampilan gelap dan tajam didepannya. Gunakan setting kamera manual agar lebih mudah metering, matikan lampu flash kamera, pastikan mendapat komposisi background yang bagus semisal langit.

Jika diteliti kembali siluet itu sendiri adalah efek perbedaan signifikan antara pantulan cahaya objek utama dengan latar belakang yang terang. Untuk menangkap siluet cahaya latar belakang harus sangat terang kemudian ditangkap dengan mengukur luminitas cahaya latar belakang sehingga objek utama hanya tampak bayangan hitam. Intip beberapa hasil karya fotografi siluet orang-orang mahir disini.



Intinya kita learning by doing, coba dan terus belajar, siluet tidak selalu tentang sunset dan sunrise, coba explore objek sekitar anda. adapun bagi anda yang tidak punya skill photography (kayak gw jago ajah ampuunn ^_^ just sharing) bisa coba trik photoshop untuk merubah foto anda menjadi siluet.

Tapi jujur yang menarik dari photography adalah dengan berbagai teknik di bidang ini, imaginasi kita punya ruang lebih untuk meng-explore minat kita sebenarnya, jujur dengan fotografi kamu bisa lebih mencintai dunia sekitarmu.

Berikut beberapa hasil foto siluet (menurutku masih harus banyak belajar^_^), well, you never know if you never trying right? keep the spirit of being the student of the nature (ngutip slogan kawan fotografi Iye di fb ^_^)

Nyoba ^_^


Ini motret temen gw di Kuta 2011

Jambi Mei 2013




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar